Membuat Program Ganjil dan Genap dengan C++



PROGRAM  GANJIL GENAP



berikut adalah kodingannya :





#include <iostream.h> merupakan kepala program dan sebagai bagian dari proses kompilator, Kompilator dari c++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor. Pada bagian #include memberitahuakan preprosesor untuk menyertakan kode dari iostream, Berkas iostream berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh perangkat lunak, atau class-class yang dibutuhkan
#include <conio.h> merupakan library dari bahasa C++ dengan kegunaan untuk memasukkan fungsi clrscr, getch, dll.Void main () merupakan tubuh program atau isi dari program
void main () merupakan tubuh program atau isi dari program
{ Kurung kurawal buka menandakan awal program
clrscr ();Fungsi ini digunakan untuk membersihkan layar window dan memindahkan posisi kursor ke baris 1 kolom 1 (pojok kiri atas).
int a a merupakan tipe data integer (bilangan bulat)
cout<< "masukan angka :"; cin>> a; program akan menampilkan kalimat “ Masukkan angka” dan bila diinputkan datanya maka integer tersebut akan di simpan pada variabel a.
if (a == 0) jika variabel a sama dengan 0
cout<< "nol \n"; maka akan di cetak nol
else if (a % 2 == 0) ..; adalah sebuah kondisi apabila nilai variable total dibagi dengan bilangan dua sisanya adalah nol, maka akan mencetak pernyataan “bilangan genap”

cout<< "genap \n"; adalah apabila kondisi yang diinginkan tidak tercapai maka pernyataan yang akan dicetak adalah “bilangan genap”.
else
cout<< "ganjil \n"; adalah apabila kondisi yang diinginkan tidak tercapai maka pernyataan yang akan dicetak adalah “bilangan ganjil”.
getch (); berfungsi untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar.
} Kurung kurawal tutup menandakan akhir program

Output:












0 komentar:

Poskan Komentar