KONSUMEN
1. Apa yang dimaksud
perilaku konsumen?
Perilaku konsumen adalah proses atau aktivitas
dimana seseorang berhubungan atau berkomunikasi dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan dan pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan. Bisa juga merupakan hal- hal yang mendasari konsumen
untuk membuat keputusan pembelian.
2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji
lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry?
Menurut saya, karena untuk mendesain bauran
pemasaran kemudian mensegmen pasar bisnis terus memposisikan dan mendeferensiasikan
produk lalu melaksanakan analisis lingkungan serta mengembangkan studi riset
pasar. Untuk dapat melakukan proses strategi pemasaran lainnya pun, ternyata
mengharuskan pemasar untuk memahami terlebih dahulu konsumennya. Mereka harus
mengakrabkan diri dengan cara berpikir konsumen dengan faktor-faktor yang
memotivasi mereka dengan lingkungan dimana mereka hidup.
3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan
dalam analisa perilaku konsumen ?
a. Pendekatan pertama adalah pendekatan
interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang
mendasarinya.
b. Pendekatan kedua adalah pendekatan
tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif,
sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan
mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan
keputusan konsumen.
c. Pendekatan ketiga disebut sebagai sains
marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan
statistika.Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model
matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia
4. Faktor apa saja yang
menentukan perilaku konsumen?
Terdapat 5 faktor
eksternal yang menentukan terhadap perilaku konsumen yaitu:
1. Budaya merupakan
suatu kumpulan nilai atau symbol-simbol lain membantu seseorang untuk
berkomunikasi pada lingkungannya.
2. Entesitas merupakan
suatu elemen yang penting dalam menentukan suatu budaya dan memprediksi
keinginan dan perilaku konsumen.
3. Kelas sosial
merupakan divisi yang bersifat relative permanen dalam suatu kumpulan social
dimana individu atau keluarga saling bertukar nilai atau gaya hidup dan
perilaku yang sama.
4. Keluarga merupakan
sekelompok dua atau lebih individu yang mempunyai hubungan darah dalam
pernikahan yang tinggal berdampingan.
5. Personal merupakan
seseorang atau sekelompok orang yang mempengaruhi perilaku individu secara
signifikan.
5. Bagaimana cara
menyikapi masalah perilaku konsumen?
Sebaiknya konsumen
tidak mudah terpengaruh atas keinginan sesaat, harus teliti sebelum membeli sesuatu yang di inginkan,
apakah barang yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau hanya keinginan
sesaat dan apakah dapat bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi pembelian
barang yang kurang perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi
konsumen yang konsumtif.
0 komentar:
Posting Komentar