KONSUMEN


KONSUMEN
1. Apa yang dimaksud perilaku konsumen?
Perilaku konsumen adalah proses atau aktivitas dimana seseorang berhubungan atau berkomunikasi dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan dan pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Bisa juga merupakan hal- hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. 



2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry?
Menurut saya, karena untuk mendesain bauran pemasaran kemudian mensegmen pasar bisnis terus memposisikan dan mendeferensiasikan produk lalu melaksanakan analisis lingkungan serta mengembangkan studi riset pasar. Untuk dapat melakukan proses strategi pemasaran lainnya pun, ternyata mengharuskan pemasar untuk memahami terlebih dahulu konsumennya. Mereka harus mengakrabkan diri dengan cara berpikir konsumen dengan faktor-faktor yang memotivasi mereka dengan lingkungan dimana mereka hidup.

3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
a. Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.
b. Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
c. Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia

4. Faktor apa saja yang menentukan perilaku konsumen?
Terdapat 5 faktor eksternal yang menentukan terhadap perilaku konsumen yaitu:
1. Budaya merupakan suatu kumpulan nilai atau symbol-simbol lain membantu seseorang untuk berkomunikasi pada lingkungannya.
2. Entesitas merupakan suatu elemen yang penting dalam menentukan suatu budaya dan memprediksi keinginan dan perilaku konsumen.
3. Kelas sosial merupakan divisi yang bersifat relative permanen dalam suatu kumpulan social dimana individu atau keluarga saling bertukar nilai atau gaya hidup dan perilaku yang sama.
4. Keluarga merupakan sekelompok dua atau lebih individu yang mempunyai hubungan darah dalam pernikahan yang tinggal berdampingan.
5. Personal merupakan seseorang atau sekelompok orang yang mempengaruhi perilaku individu secara signifikan.

5. Bagaimana cara menyikapi masalah perilaku konsumen? 


Sebaiknya konsumen tidak mudah terpengaruh atas keinginan sesaat, harus teliti  sebelum membeli sesuatu yang di inginkan, apakah barang yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau hanya keinginan sesaat dan apakah dapat bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.

0 komentar:

Poskan Komentar