KONSEP
ELASTISITAS
1. Apa yang dimaksud
dengan elastisitas?
Dalam ilmu ekonomi,
elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variabel
dengan perubahan variable lainnya. Dengan kata lain, elastisitas mengukur
seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.
2. Mengapa elastisitas perlu
dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry?
Elastisitas perlu
dikaji lebih dalam oleh perusahaan atau industri karena untuk mengetahui harga
pasar agar konsumen/pembeli dapat membeli barang kebutuhan mereka, karena
apabila harga yang diberikan oleh sebuah perusahaan terhadap produknya terlalu
tinggi masyarakat akan mencari barang lain untuk memenuhi kebutuhan mereka yang
tentunya harganya lebih sesuai dengan pendapatan mereka.
3. Jelaskan konsep
elastisitas harga permintaan dan penawaran, silang danpendapatan!
Elastisitas
harga Permintaan
Elastisitas harga
permintaan adalah suatu alat/konsep yang
digunakan untuk mengukur derajat kepekaan/ respon perubahan jumlah/ kualitas
barang yang dibeli sebagai akibat perubahan faktor yang mempengaruhi.
Elastisitas harga
permintaan merupakan perbadingan daripada persentasi perubahan jumlah barang
yang diminta dengan prosentase perubahan pada harga di pasar, sesuai dengan
hukum permintaan, dimana jika harga naik, maka kuantitas barang turun Dan
sebaliknya.
Elastisitas yang
dikaitkan dengan harga barang itu sendiri. Elastisitas harga(Ep) mengukur
berapa persen permintaan terhadap suatu barang berubah bila harganya berubah
sebesar satu persen.
elastisitas harga ini
besar indeksnya/koefisiennya dapat kurang dari, sama dengan lebih besar dari
satu Dan merupakan angka mutlak (absolute), sehingga permintaannya dapat
dikatakan :
·
Tidak elastisitas (in elastic)
·
Unitari (unity) dan
·
Elastis (elastic)
Faktor Yang
Mempengaruhi Elastisitas Harga Permintaan
Ada beberapa faktor
yang menentukan elastisitas harga permintaan :
·
Tersedia atau tidaknya barang pengganti
di pasar
·
Jumlah pengguna/tingkat kebutuhan dari
barang tersebut
·
Jenis barang dan pola preferensi
konsumen
·
Periode waktu yang tersedia untuk
menyesuaikan terhadap perubahan harga/periode waktu penggunaan barang tersebut.
·
Kemampuan relatif anggaran untuk
mengimpor barang
Elastisitas akan besar
jika :
·
terdapat banyak barang subsitusi yang
baik
·
harga relatif tinggi
·
ada banyak kemungkinan-kemungkinan
penggunaan barang lain
Elastisitas umumnya
akan kecil, jika:
·
benda tersebut digunakan dengan
kombinasi benda lain
·
barang yang bersangkutan terdapat dalam
jumlah banyak, dan dengan harga-harga yang rendah.
·
Untuk barang tersebut tidak terdapat
barang-barang substitusi yang baik, Dan benda tersebut sangat dibutuhkan.
Elastisitas
Penawaran
Didefinisikan sebagai
ukuran kepekaan jumlah penawaran suatu barang dengan harga barang itu sendiri.
Elastisitas penawaran mengukur persentase perubahan jumlah penawaran yang
terjadi akibat persentase perubahan harga. Sebagai contoh, jika harga sebuah
barang naik 10%, jumlah penawarannya naik 20%, maka koefesien elastisitas
permintaannya adalah 20%/10% = 2. (Case & Fair, 1999: 119).
Ada beberapa faktor
yang menentukan elastisitas harga permintaan :
·
Tersedia atau tidaknya barang pengganti
di pasar
·
Jumlah pengguna/tingkat kebutuhan dari
barang tersebut
·
Jenis barang dan pola preferensi
konsumen
·
Periode waktu yang tersedia untuk
menyesuaikan terhadap perubahan harga/periode waktu penggunaan barang tersebut.
·
Kemampuan relatif anggaran untuk
mengimpor barang.
Elastisitas akan besar
bilamana :
·
terdapat banyak barang subsitusi yang
baik
·
harga relatif tinggi
·
ada banyak kemungkinan-kemungkinan
penggunaan barang lain
Elastisitas umumnya
akan kecil, bilamana :
·
benda tersebut digunakan dengan kombinasi
benda lain
·
barang yang bersangkutan terdapat dalam
jumlah banyak, dan dengan harga-harga yang rendah.
·
Untuk barang tersebut tidak terdapat
barang-barang substitusi yang baik, Dan benda tersebut sangat dibutuhkan.
Elastisitas
Silang (The Cross Price Elasticity of demand)
Elastisitas yang
dikaitkan dengan harga barang lain. Elastisitas silang (Ec) mengukur persentase
perubahan permintaan suatu barang sebagai akibat perubahan harga barang lain
sebesar satu persen. Untuk mengukur besarnya kepekaan permintaan suatu barang
jika harga barang lain yang berubah, yaitu harga barang yang ada kaitanya
dengan barang tersebut yang berupa barang komplementer dan dapat berupa barang
subtitusi.
4. Faktor apa saja yang
menentukan tingkat elastisitas?
·
Tingkat subtitusi : makin sulit mencari
subtitusi suatu barang,permintaan makin inelastic
·
Jumlah pemakai : makin banyak jumlah
pemakai akan suatu barang makin inelastic
·
Proporsi kenaikan harga terhadap
pendapatan konsumen : bila proporsi tersebut besar,maka permintaan cenderung
lebih elatisitas
·
Jangka waktu : jangka waktu permintaan
atas suatu barang juga mempunyai pengaruh terhadap elastisitas harga
5. Bagaimana menurut
anda tentang konsep elastisitas?
Konsep elastisitas
dalam ekonomi merupakan konsep yang berdasarkan atas tingkat harga suatu barang
itu sendiri dan juga pendapatan masyarakat itu sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar