BAB III INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

STUDI KASUS
PERAN GANDA PEREMPUAN PADA KELUARGA MASYARAKAT PESISIR
bentuk partisipasi yang dilakukan oleh istri nelayan dalam meningkatkan ekonomi keluarganya di Desa Angkue Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. para istri nelayan yang ada di Desa Angkue Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone yang terdiri dari 10 informan yaitu lima orang dari istri seorang nelayan dan lima orang dari istri seorang buruh nelayan. ekonomi keluarganya di Desa Angkue Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone sangatlah nyata, baik secara langsung ataupun tidak langsung.Istri nelayan di desa ini telah ikut ambil bagian dalam menambah pendapatan keluarga.Selain mereka harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri dan perbekalan bagi suami untuk melaut, ibu-ibu di Desa Angkue juga masih aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan seperti kegiatan PKK, arisan dan pengajian sebagai wujud partisipasinya di dalam kehidupan bermasyrakat.Namun dalam ekonomi bentuk partisipasi seorang istri nelayan di Desa Angkue ada dua hal yaitu mengolah ikan-ikan hasil tangkapan suami termasuk menjualnya, selain itu juga biasanya istri-istri nelayan memilih profesi sebagai pengolah ikan asin ataupun buruh pengikat rumput laut.Ada juga dari beberapa istri nelayan yang merupakan istri dari seorang nelayan membuka usaha seperti warung makan ataupun warung bahan-bahan pokok kebutuhan rumah tangga.Dari hasil mereka ini lah, kekurangan penghasilan suami dapat ditutupi.
v  OPINI

Walaupun pekerjaan seorang wanita adalah mengurusi rumah tangganya namun wanita juga bisa membantu kehidupan rumah tangganya untuk membantu ekonomi keluarganya dengan cara bekerja yang halal seperti istri nelayan di Desa Angkue. Kita patut mencontoh para isrti nelayan tersebut karna selain ia membantu memenuhi ekonomi keluarga ibu-ibu di Desa Angkue juga masih aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.


1. Pengertian Fungsi Keluarga                                                                               
Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan- pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh keluarga.
Menurut buku Ilmu Sosial Dasar fungsi keluarga dapat dinyatakan sebagai berikut;
a.pembentukan kepribadian
b.sebagai alat reproduksi kepribadian.
c.keluarga merupakan eksponen dari kebudayaan masyarakat
d.keluarga juga sebagai perkumpulan perekonomian
e.keluarga juga sebagai tempat pengasuhan dan pendidikan.

Ki Hajar Dewantoro juga mengartikan bahwa keluarga kumpulan beberapa orang yang terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki,esensial,enak dan berkehendak bersama-sama untuk memperteguh gabungan dan memuliakan masing-masing anggotanya.


2. beberapa fungsi di keluarga yaitu;
A. Fungsi Biologis
      Dengan fungsi ini dihaerapkan agar suatu keluarga dapat menyelenggarakan proses   perkawinan anak-anaknya.karena dengan perkawinan akan terjadi proses kelangsungan keturunan.
B. Fungsi Pemeliharaan
      Keluarga wajib berusaha untuk selalu dan selalu menjaga anggotanya dari gangguan gangguan yaitu;
  1.gangguan udara,hujan,panas maka dibuatlah rumah gangguan penyakit maka disediakan   berbagai obat-obatan
  2.gangguan dari bahayadengan berusaha membuat benteng atau tembok dan menyediakan senjata untuk berjaga jaga.

C. Fungsi Ekonomi
    dalam hal ini keluarga berusaha menyediakan kebutuhan pokok yaitu;
    1.kebutuhan pangan makan dan minum
    2.kebutuhan sandang atau pakaian
    3.kebutuhan papan atau rumah tinggal


0 komentar:

Poskan Komentar